Kamis, 01 September 2011

Cara Mengatasi Redirect ke Sedoparking

Well, banyak sekali topik yang berbicara tentang "sedoparking" ini. Dan terus terang saya juga salah satu korban yang mengalami redirect sedoparking.com. Sebenarnya apa sih redirect sedoparking itu? Begini ceritanya.. suatu kali saya hendak membuka situs melalui mesin pencari google. Seperti biasa saya mengetikkannya di toolbar sebelah kanan atas (di mozilla firefox) dan mengetikkan kata kunci yang saya maksud. Setelah menunggu beberapa saat untuk melihat hasil pencarian. Tiba-tiba tidak muncul apa-apa pada tampilan muka, tetapi di address bar tetap tertulis acuan yang dituju adalah google. Pertama tidak curiga, mungkni karena internet saya masuk masa tenggang bulanan. Tidak kurang akal saya masukkan situs yang saya maksud tadi langsung pada Address bar tadi. Setelah beberapa saat menunggu, proses loading pagenya sudah menunjukkan sekitar 90%nya (dilihat di tampilan bar paling bawah firefox). Tidak disangka-sangka, ketika halaman hampir di load penuh, yang muncul di tampilan malah situs  sedoparking.com. Nah, inilah yang dinamakan Redirect ke sedoparking.com. Sebenarnya konsepnya hampir sama seperti iklan-iklan yang sering tidak sengaja kita klik, atau contoh mudahnya ketika kita menggunakan short Url seperti di situs Tinyurl.com atau bit.ly. Dimana walaupun tampilan linknya adalah alamat link lain, tetapi hasil tampilan akhir tetap link yang kita perpendek itu.
Tampilan redirect ke sedoparking:

Yang menjadi pertanyaan besar adalah sebenarnya siapa sih dalang dibalik semuanya itu? Kejadian tersebut sungguh membuat kita jengkel dan kesal (termasuk saya) bagaimana tidak, hanya untuk membuka suatu situs kita harus disibukkan dengan melakukan refreshing page secara berulang-ulang agar situs yang asli ditampilkan. Yang lebih parah, masalah  sedoparking ini bisa secara tiba-tiba hilang dengan sendirinya. masalah teratasi dan jelas aneh. Dari hasil diskusi di berbagai media forum ada beberapa cara yang di ajukan untuk mengatasi masalah redirect sedoparking ini.
  1. Ada yang bilang bahwa ini adalah ulah dari malware atau virus yang hinggap di komputer kita. Atau lebih tepatnya malware tersebut merubah setting internet (baik di mozilla, opera atau IE) untuk selalu redirect ke alamat sedoparking. Dan cara yang dilakukan dengan install anti Malware seperti Malwarebytes’ Anti-Malware, Spybot – Search & Destroy 1.62 dan SpywareBlaster 4.2 dst. Hasilnya?? Nihil. Tidak terdetect sama sekali akan adanya malware, spybot atau virus yang mencurigakan. Dan redirect sedoparking masih terjadi. Mungkin untuk pertama kali berhasil dan tidak muncul, namun sepertinya bukan karena hasil pembersihan tadi, tapi mungkin si sedonya lagi gak mau unjuk gigi. :P

  2. Ada yang mencoba mengatasi masalah ini dengan cara menginstall ulang windowsnya (format ulang). Mungkin masih curiga jangan-jangan anti-malware dan anti-anti yang lain tidak mampu mendeteksi, sehingga dilakukan format agar OS sama sekali bersih. Hasilnya?? Nol besar. Saat hendak surfing di internet, gejala sedoparking tetap terjadi dan bikin kesel tentunya, karena sudah capek-capek untuk install ulang.

  3. Ada yang dari awal udah pake software deep freeze. Namun ketika mau browshing tetep saja redirect ke sedoparking terjadi juga.

  4. Ada yang mencoba dengan cara membersihkan file history atau cache di browser yakni dengan Masuk Tools di browser Mozilla, lalu pilih options , lalu pilih content , tanda centang di enable javascript dihilangkan – alias tdk dipilih. Hasilnya? tetep tidak ada perubahan.

Cara mengatasi redirect sedoparking:
Dari semua cara di atas, tidak satupun yang berhasil melenyapkan redirect ke sedoparking ini. Karena memang bukan pada komputer yang terkena virus atau malware, tetapi terletak pada DNS yang sudah tercemar. Saya juga gak tau kenapa bisa tercemar gitu. Tapi yang saya tau, dengan mengganti DNS (men-set ulang DNS) komputer dengan DNS public punya google, masalah sedoparking itu akan lenyap! :D
Biasanya masalah ini terjadi pada pengguna yang memakai modem PR*LI*K (termasuk saya). Karena hampir seluruh korban mengatakan bahwa modem yang mereka pakai adalah jenis prolink dan memakai koneksi internet sp**dy (Alasan terakhir masih belum yakin kebenarannya).
Cara  mengganti  DNS (domain name system) ke dns google punya google di jelaskan secara rinci di artikel saya sebelumnya dengan judul "Cara Setting Google Public  DNS"
Share:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

© Indonesia Cyber Art All rights reserved | Theme Designed by Seo Blogger Templates